KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AWAL GURU SD
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Esensial
|
Jenjang Kognitif
|
Nomor
Butir
Soal
|
||||
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
|||||
KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI
AWAL SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN BIDANG PKn
|
|||||||||
2
|
Memiliki kompetensi
pedagogik
pembelajaran
PKn
|
2.1
Penilaian proses belajarPKn.
|
2.1.1 Merumuskan proses belajar PKn tentang
konsep kejujuran
|
√
|
|
|
|
|
21
|
2.1.2 Membuat tes
proses pembelajaran tentang sikap
Nasionalisme
|
|
|
|
√
|
|
22
|
|||
2.2 Menilai berbagai
norma dalamkehidupan
|
2.2.1 Menilai
berbagai norma dalamkehidupan
|
|
|
|
√
|
|
23,24
|
||
2.3 Merumuskan
prinsip-prinsip
demokrasi dan
praktik demokrasidi Indonesia
|
2.3 Merumuskan
prinsip-prinsip
demokrasi dan
praktik demokrasi
di
Indonesia
|
|
|
|
√
|
|
25,26
|
||
2.3.2
Mengkategorikan Peraturan perundang- undangan di tingkat
pusat dan daerah
|
√
|
|
|
|
|
27,28,29
|
|||
2.4 Mempertahankan
Pancasila
sebagai dasar
negara.
|
2.4.1 Mengemukakan
sejarah terbentuknya Pancasila sebagai
pandangan hidup dan
sejarah Pancasila sebagai dasar
negara
|
√
|
|
|
|
|
30,31
|
||
2.4.2 Menyimpulkan
nilai-nilai Pancasila,sebagai idiologi negara
|
|
|
|
√
|
|
32,33
|
|||
2.5 Merumuskan
nilai-nilai
nasionalisme
|
2.5.1 Menganalisis
pentingnya keutuhan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
(NKRI).
|
|
|
√
|
|
|
34
|
||
2.5.2 Menelaah
bentuk-bentuk manifestasi nasionalisme dalam
kehidupan
sehari-hari.
|
|
|
√
|
|
|
35
|
|||
2.6 Membagankan
sistem
pemerintahan
kabupaten, kota,provinsi, dan pusat
|
2.6.1 Menelaah
setiap lembaga-lembaga pemerintahan di tingkat
desa,
kabupaten/kota, provinsi, dan pusat.
|
|
|
√
|
|
|
36,37
|
||
2.6.2 Menelaah
sistem pemilu dan pilkada yang ada di Indonesia
|
|
|
√
|
|
|
38,39
|
|||
2.7 Merumuskan
prinsip dan praktikpolitik luar negeri Indonesia.
|
2.7.1 Menelaah
prinsip politik luar negeri dan dalam negeri
ASEAN.
|
|
|
√
|
|
|
40
|
||
KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI
AWAL SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN BIDANG MATEMATIKA
|
|||||||||
3
|
Menguasai kompetensi
pedagogik
pembelajaran
matematika
SD/MI
|
3.1 Menguasai
prinsip, teori danstrategi pembelajaran serta teknikasesmen yang tepat
padapembelajaran matematika
|
3.1.1 Merancang
aktivitas pembelajaran berdasarkan prinsip danteori pembelajaran matematika
|
|
√
|
|
|
|
41
|
3.1.2 Merancang
pembelajaran matematika yang menggunakan
gradasi mulai
representasi kongkrit, simbolik, dan abstrak
agar siswa dapat
mengkonstruksi pengetahuan
matematika
|
|
√
|
|
|
|
42
|
|||
3.1.3 Memilih media
pembelajaran yang tepat untuk
pembelajaran operasi
bilangan bulat
|
|
√
|
|
|
|
43
|
|||
3.1.4 Memilih media
pembelajaran yang tepat untuk
pembelajaran operasi
bilangan pecahan
|
|
√
|
|
|
|
44
|
|||
3.1.5
Mengombinasikan beragam strategi pembelajaran
matematika untuk
mencapai tujuan pembelajaran
|
|
|
|
√
|
|
45
|
|||
3.1.6 Memilih media pembelajaran
yang tepat untuk
pembelajaran
geometri dan pengukuran
|
|
|
√
|
|
|
46
|
KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AWAL GURU SD
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Esensial
|
Jenjang Kognitif
|
Nomor
Butir
Soal
|
||||
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
|||||
|
|
4.1 Menguasai konsep
bilangan,operasi, algoritma, dan sifat-sifatbilangan bulat
|
4.1.1 Menganalisis
danmenerapkan urutan operasi padabilangan bulat
|
|
√
|
|
|
|
47
|
4.1.2 Menyelesaikan
masalahyang berkaitan dengan sifatdistribusi bilangan bulat
|
|
|
√
|
|
|
48
|
|||
4.2 Menguasai konsep
bilangan,operasi, algoritma, dan sifat-sifatbilangan pecahan
|
4.2.1 Menganalisis
dan menerapkan sifat-sifat urutan bilangan pecahan
|
|
|
√
|
|
|
49
|
||
4.2.2 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bilangan
pecahan
|
|
√
|
|
|
|
50
|
|||
4.2.3 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
perbandingan/rasio
|
|
√
|
|
|
|
51
|
|||
4.3 Menguasai konsep
relasi, fungsidan penalaran dalam matematika
|
4.3.1 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan pola
bilangan
|
|
|
√
|
|
|
52
|
||
4.3.2 Menyelesaikan
masalah dengan menggunakan persamaan
yang memuat variabel
|
|
√
|
|
|
|
53
|
|||
4.4 Menguasi konsep
dan prinsipdalam geometri dan pengukuran
|
4.4.1 Menganalisis
dan menerapkan sifat-sifat segiempat
|
|
|
√
|
|
|
54
|
||
4.4.2 Menganalisis
dan menerapkan sifat-sifat kesejajaran garisgaris
|
|
√
|
|
|
|
55
|
|||
4.4.3 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan waktu,
jarak, dan kecepatan
|
|
√
|
|
|
|
56
|
|||
4.4.4 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas daerah
bangun datar
|
|
√
|
|
|
|
57
|
|||
4.4.5 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan volume
bangun ruang
|
|
√
|
|
|
|
58
|
|||
4.5 Menguasai konsep
probabilitasdan statistika serta aplikasinya
|
4.5.1 Menyajikan
data dalam bentuk diagram
|
|
√
|
|
|
|
59
|
||
4.5.2 Memecahkan
masalah berkaiatan dengan rara-rata
|
|
√
|
|
|
|
60
|
|||
KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI
AWAL SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN BIDANG IPA
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|